BREAKING NEWS

Friday 10 March 2017

Inilah Penyebab dan Solusinya Baterai Smartphone Anda Lama Terisi Penuh


Baterai Smartphone Anda Lama Terisi Penuh
Hallo sahabat harimau tampan!!! Mungkin persoalan tentang baterai yang lama terisi banyak dialamai oleh semua pengguna smartphone dimana pun anda berada termasuk saya juga. Banyak orang yang bingung apasih penyebab dari baterai yang lama terisi penuh dan bagaimana solusinya? Tenang saya disini akn membahas tentang semua itu.

Mungkin diantara kalian banyak yang beranggapan jika lama terisi penuh bersumber dari handphone atau baterai yang digunakan anda, dan itu 95% salah besar. Sebenarnya setelah melakukan survey bahwa baterai yang lama terisi diakibatkan oleh kabel charger yang tidak fast Charging.

Apasih Fast Charging itu?

Dari kata fast charging bisa kita simpulkan artinya mengisi daya lebih cepat. Sebenarnya saat anda membeli kabel charger pasti akan berstatus fast charging. Namun perlu anda ketahui bahwa itu tidak akan selamanya menjadi fast charging, sewaktu waktu kabel itu kualitas serta kecepatan mengisi akan menurun.Memang benar setelah dikutip dari beberapa sumber menggunakan kabel atau travel charger bawaan dari smartphone itu lebih baik daripada yang lainnya walaupun harga lebih mahal. Karena pabrikan sudah mempertimbangkan tegangan pada handphone dengan charger yang akan dibuat.

Bagaimana sih Cara Cek Kabel Fast Charging?

Sangat mudah untuk mengetahui kabel yang kita gunakan masih fast charging atau sudah tidak produktif lagi. Bagaimana caranya?
  • Buka pengaturan smartphone anda
  • Pastikan Smartphone berada dalam proses mengisi
  • Lalu masuk ke menu baterai
  • Sekarang anda bisa lihat bahwa :
Mengisi Daya(AC): berarti kabel atau charger yang anda gunakan fast charging
Mengisi Daya(USB): berarti kabel atau charger yang anda gunakan tidak fast charging. Kecepatan mengisi seperti layaknya pada laptop atau komputer.
Baterai Smartphone Anda Lama Terisi Penuh
1.1 Kabel Fast Charging(kiri) dan Kabel Tidak Fast Charging(kanan)

Apasih Penyebab Baterai Lama Terisi Penuh ?

1. Kabel Cahrger Tidak Fast Charging
Sebenarnya kabel yang sudah tidak fast charging hanya terjadi pada handphone anda, cobalah pakaian kabel anda ke handphone teman atau keluarga apabila setelah dicek malah fast charging berarti kabel sudah tidak produktif untuk dipakai oleh handphone anda.

2. Sumber Daya
Jika anda mengisi pada laptop, komputer, power bank maka proses mengisi baterai akan lebih lama daripada saat mengisi di stop kontak. Lebih baik anda mengisi di stop kontak agar mengisi dengan semestinya dan perlu anda ingat bahwa saat mengisi di stop kontak usahakan dengan travel charger atau yang kita sebut batok nya, karena jika kita mengisi langsung menggunakan kabel nya saja maka dikhawatirkan akan cepat rusak.

3. Port USB Rusak
Baterai Smartphone Anda Lama Terisi Penuh
1.2 Port USB Rusak
ini terjadi ketika kabel yang anda gunakan longgar pedahal, namun mungkin saja ujung kabelnya yang masuk kedalam sehingga saat charger kabel longgar, masalah ini bisa dipastikan jika anda pakaikan pada handphone lain jika sama terjadi masalah berarti yang rusak adalah kabelnya dan jika dihandphone lain tidak terjadi masalah maka yang rusak adalah usb charger handphone anda. Agar lebih jelas tanyakan pada konter atau toko smartphone terdekat.

4. Sambil Bermain Game
Saat proses mengisi daya sebaiknya anda berhenti untuk bermain game karena bisa saja daya yang dikeluarkan saat bermain game lebih besar daripada daya saat diisi. Sebaiknya jika tidak ada keperluan apapun handphone dialihkan menjadi mode pesawat atau dimatikan selama proses mengisi agar lebih cepat terisi penuh.

Bagaimana Sih Solusi atau Cara Mengatasi Baterai Smartphone Lama Terisi ?

  • Ganti kabel charger anda
  • Isikan langsung pada sumber listrik atau sumber daya( dengan travel charger nya)
  • Jika tidak ada keperluan usahan menggunakan mode pesawat atau mematikan handphone saat proses mengisi sedang berlangsung
  • Selalu merawat port usb pada handphone agar tidak kotor dan rusak (gambar 1.2)
  • Gunakan charger bawaan handphone
  • Hentikan bermain game jika proses mengisi sedang berlangsung

Cukup sekian dari saya mengenai  " Inilah Penyebab dan Solusinya Baterai Smartphone Anda Lama Terisi Penuh". Semoga dapat bermanfaat bagi anda. Apabila kurang paham, kata kata yang kurang dimengerti, atau ada fakta yang salah didalam artikel, silahkan berkomentar dibawah postingan ini. See you next article bye bye.

Share this:

15 comments :

  1. Fast Charging itu bukannya fitur pada HP ya? Bukan pada chargernya? Kan klo HP support Fast Charging pasti dia bakal cepet ngecasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan agan selain fitur dari smartphone,,,,kabel charger yh bukan travelnya(batok) juga terdapat fitur fast charging....walaupun handphone mendukung fitur ini namun jika kabel charger tidak fast charger yh tetep bakal lama...cara cek fast charging silahkan baca lagi artikel diatas. terima kasih atas kunjungannya

      Delete
    2. silahkan agan baca dibeberapa sumber selain memang fitur dari smartphone namun kabel charger juga terdapat fitur fast charging....walaupun handphone mendukung fitur ini namun jika kabel charger tidak fast charger yh tetep bakal lama terisi...cara cek fast charging silahkan baca lagi artikel diatas. terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  2. Nice info om, pas lg butuh juga ini...

    ReplyDelete
  3. Pantesan ane charger batre lama :( ternyata charger nya harus original atau bawaan

    ReplyDelete
  4. Pantas aja ya gan terkadang lama,JD itu ya penyebab nya,makasih ya infonya

    ReplyDelete
  5. bagus nih biar batre gk rusak karna terlalu lama charging

    ReplyDelete
  6. gw sambil ngecharg main game gak naik2 batre. :D

    ReplyDelete
  7. benar gan tapi agak saya larat untuk masalah fast charging itu mungkin sebenarnya perbedaan daya diantara beberapa charger

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas masukannya. Ditunggu kunjungan selanjutnya.

      Delete
  8. thx mas info sangat membantu ini hp saya banget setelah diganti kabel datanya jadi cepat deh chargingnya

    ReplyDelete
  9. mngkin krna port usb hp gua yah yang bermsalah jdinya lmbat mngisi my site

    ReplyDelete

 
Copyright © 2014 Picao123.com. Designed by OddThemes